Jangan Sepelekan! Inilah Cara Mengatasi Masalah Cerna pada Anak

Masalah pencernaan memang sering dialami oleh anak-anak dan hal ini pastinya membuat para orang tua merasa khawatir. Jika tidak segera diatasi, aktivitas anak menjadi terganggu, baik ketika bermain ataupun belajar. Untuk itulah, anak membutuhkan makanan yang mengandung probiotik untuk kesehatan saluran cerna.

Anak yang sering mengalami sakit atau penyakit, bisa jadi sumbernya berasal dari sistem pencernaan yang kurang sehatan. Sebanyak 30 persen anak memiliki gangguan pencernaan dan mungkin salah satunya adalah anak Anda. Masalah pada sistem pencernaan dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si buah hati.

Masalah Cerna pada Anak

Pasalnya, 70-80 persen sel imun tubuh dihasilkan oleh saluran cerna dimana perkembangan sel ini terjadi begitu pesat ketika anak berusia satu tahun. Saluran cerna yang sehat mampu meningkatkan proteksi terhadap kuman penyebab penyakit sehingga anak bisa lebih mentolerir makanan yang masuk dalam tubuh.

Cara Mengatasi Masalah Cerna pada Anak

Mengingat tingginya risiko anak mengalami masalah saluran cerna, orang tua harus tahu bagaimana cara menjaga kesehatan saluran cerna anak agar tidak mudah terkena penyakit. Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan orang tua:

  1. Memenuhi kebutuhan mineral
  2. Pemberian ASI eksklusif
  3. Memberikan MPASI sesuai kebutuhan dan usia
  4. Berikan zat besi selama 10 hari untuk mencegah diare terulang
  5. Menjaga kebersihan
  6. Memberikan antibiotic
  7. Edukasi mengenai masalah pencernaan sensitive


Masalah saluran cerna yang sering dialami oleh usia anak ini adalah diare dan konstipasi. Konstipasi dapat diatasi dengan memberikan ASI eksklusif dan melakukan toilet training ketika usia anak sudah mencukupi. Pemberian ASI ini juga harus memperhtimbangkan pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia agar ASI bisa keluar.

Pemberian MPASI haruslah memperhatikan asupan atau nutriis yang terkandung dalam makanan tersebut. Hindari pemilihan makanan yang mengandung banyak kalsium dan whye potein karena bisa menyebabkan tinja menjadi keras hingga membuat anak mengalami konstipasi.
Menjaga saluran cerna anak melalui probiotik untuk kesehatan saluran cerna sama saja menjaga kesehatan tubuh anak agar tidak mudah terserang penyakit. Dengan demikian, orang tua harus mengatahui apa saja cara untuk mengatasi masalah cerna yang sering terjadi pada anak.
Advertisement
Jangan Sepelekan! Inilah Cara Mengatasi Masalah Cerna pada Anak | IPTEK Teknologi | 5

0 komentar:

Posting Komentar