Penyebab Mual Setelah Operasi dan Cara Mengatasinya

Mual dan muntah merupakan masalah yang kerap dialami oleh sebagian besar pasian pasca operasi. Kebanyakan pasien mengaku mual dan muntal setelah mereka sadari dari proses panjang operasi. Tetapi ada juga pasian yang baru merasakan mual setelah 4 jam tersadar bahkan merasa saat sudah di rumah. Bagi Anda yang pernah mengalami hal ini pasti akan mencari obat mual muntah setelah operasi untuk mencegah risiko selanjutnya.

Setelah Operasi

Memang, mual dan muntal pasca operasi menyebabkan pasian tidak nyaman dan bisa memengaruhi nafsu makan. Apalagi kalau mual yang Anda rasakan diiringi dengan muntah. Pasti hal itu akan memicu rasa sakit di bagian luka besar jahitan operasi, terlebih kalau operasi dilakukan di bagian perut.

Sebenarnya penyebab mual dan muntah pasca operasi adalah efek samping dari obat bius atau anestesi. Kondisi seperti itu lebih jarang terjadi pada pasien yang melakukan operasi rawat jalan daripada pasian operasi rawat inap. Pasalnya pasien rawat jalan hanya diberi sedikit obat bius, sedangkan operasi besar umumnya menggunakan obat bius total.

Meski rasa mual dapat sembuh dengan sendiri, tetapi kondisi ini bisa membuat Anda kurang nyaman dan memicu komplikasi. Contoh paling sering dialami adalah dehidrasi, tegang di arena jahitan operasi, sesak napas, pendarahan, dan tidak seimbangnya elektrolit.

Mengatasi mual dan muntah bisa dilakukan dengan mencukupi asupan cairan supaya Anda terhindar dari dehdrasi. Dokter anestesi kerap menganjurkan pasien untuk banyak minum air putih sebelum operasi. Cara berikutnya, Anda bisa mengonsultasikan langsung ke dokter spesialis anestesi. Semisal masalah sudah diketahui, dokter akan memberikan resep obat mual muntah yang tepat.

Cara ketiga, makanlah secara pelan-pelan dan bertahap. Biasanya pasien dipersilakan makan dan minum pasca operasi setelah berhasil kentut. Saat pasien kentut, dokter akan menganjurkan pasien minum air putuh untuk memastikan merasa mual muntah atau tidak. Semisal air putih dapat ditoleransi, pasien akan diberi minuman lain, seperti teh, susu, dan jus.

Begitu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Semisal Anda memiliki buah hati dan kini memasuki musim hujan, persiapkan rhinos obat pilek bayi untuk berjaga-jaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar