Masa Karantina Harus 14 Hari? Berikut Penjelasannya

Upaya karantina selama 14 Hari memang diwajibkan untuk seseorang yang melakukan kontak dekat maupun berada pada lingkungan yang terkena korona. Siapapun yang datang baik itu dari daerah maupun negara yang terkena kasus virus Corona maka diwajibkan untuk melakukan karantina walaupun kondisi tubuhnya baik.

Masa Karantina Covid 19


Kebiasaan masa karantina yang dilakukan selama 14 hari ternyata masih banyak orang yang kurang memahami mengapa masa karantina harus dilakukan selama 14 Hari. Supaya tidak merasa bingung lagi mengenai masa karantina selama 2 minggu tersebut silahkan mengetahui alasannya seperti berikut ini:

1. 14 Hari Adalah Masa Inkubasi

Saat 14 hari berkaitan erat mengenai penyebaran virus serta penyerangan sel dan bereplikasi. Pada saat seseorang sudah terinfeksi Virus maka membutuhkan waktu untuk menggandakan serta mereplikasi dirinya. Setelah itu membuat penderitanya akan menyebarkannya melalui berbagai cara. Misalnya saja bersin maupun batuk.

Hal inilah yang disebut sebagai masa inkubasi yaitu masa dimana penderita pertama kalinya akan terinfeksi kemudian menyebarkan virus nya sebelum memperlihatkan gejala-gejalanya. Setiap orang mempunyai masa inkubasi yang berbeda yaitu dari virus ke virus yang lainnya.

2. Sebagai Margin Aman

97% orang yang terkena Corona akan menunjukkan gejalanya 11 sampai 12 hari dan untuk 99% penderita akan menunjukkan gejalanya di dalam 14 hari. Untuk itu masa karantina selama 14 hari tersebut menjadi salah satu margin aman supaya bisa memastikan bahwa diri seseorang benar-benar negatif dari virus Corona.

Jika dibandingkan dengan virus MERS maupun virus SARS, periode dari inkubasinya dianggap jauh lebih pendek. Untuk rata-rata dari penderita akan mengalami gejala nya selama 10 hari. Dengan adanya masa karantina selama 14 hari diharapkan para masyarakat bisa terhindarkan dari adanya penyebaran covid 19.

14 hari memang waktu yang terbilang cukup singkat apabila bagi diri seseorang yang melakukannya akan merasakan jenuh dan bosan. Alasannya yaitu karena selama masa karantina tidak diperbolehkan bepergian. Supaya terhindar dari rasa bosan dan jenuh sebaiknya gunakan jaringan internet untuk mengakses informasi yang positif. Untuk mendukung jaringan internet terbaik maka Anda bisa menggunakan provider Smartfren. Ada banyak penawaran menarik yang bisa diperoleh melalui website www.smartfren.com.
Advertisement
Masa Karantina Harus 14 Hari? Berikut Penjelasannya | IPTEK Teknologi | 5

0 komentar:

Posting Komentar